Mengenal 4 Software Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan - IDS Digital College

Mengenal 4 Software Desain Grafis yang Paling Sering Digunakan

Bagi pekerja di bidang desain grafis, kreatif, sampai mahasiswa jurusan teknik informatika pasti memerlukan software desain. Minimal untuk edit foto atau gambar. Di pasaran, ada sejumlah software desain grafis yang bisa membantumu mengerjakannya.

 

Kini kamu mungkin lagi mencoba-coba sampai menemukan yang paling cocok untukmu. Coba cek empat rekomendasi software desain grafis paling terkenal dan sering digunakan bidang desain grafis berikut ini.

 

1. Adobe Photoshop

Siapa yang nggak tahu software yang satu ini. Bagi desainer newbie sampai advanced, Adobe Photoshop adalah software desain grafis yang wajib di-install.

 

Software Photoshop merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan. Pemula otodidak juga bisa memahaminya jika sering utak-atik. Awalnya, Photoshop adalah software untuk editing foto dan gambar. Belakangan, software ini menjadi diandalkan banyak orang untuk mengolah keperluan grafis, seperti membuat logo, banner, dan lain-lain.

 

Ada banyak tools yang memudahkan pengguna dalam mengolah foto, mulai dari crop tool, brush, lasso tool, pen, dan sebagainya.

 

Jika kamu tertarik mempelajarinya, nggak sulit menemukan tutorial di internet, misalnya YouTube. Di sana ada banyak panduan untuk kamu coba. Mulai dari mengganti background foto, mengubah warna, hingga mengganti objek foto atau gambar dengan sesuatu yang lain. Mempelajari Photoshop bisa jadi fun. Maka tak heran kalau software desain ini jadi andalan banyak orang.

 

2. Corel Draw

Sama seperti Photoshop, Corel Draw juga telah punya penggemar yang nggak kalah banyak. Bahkan, masih banyak desainer grafis yang harus punya Corel Draw di komputer mereka.

 

Dilihat dari fungsi dan kegunaan, Corel Draw dan Photoshop punya perbedaan mencolok. Corel Draw lebih unggul untuk membuat karya visual, seperti logo, poster, banner, bahkan undangan pernikahan.

 

Fungsi utama software ini memiliki adalah pembuat atau pengolah gambar berbasis vector. Selain itu, Corel Draw memiliki banyak fitur unggulan, seperti selection dan effect.

 

Mengingat banyak desainer grafis di perusahaan merasa wajib install software ini, nggak salah jika Corel Draw dibilang software desain yang anda. Bahkan, pengoperasiannya menjadi bahan ajar di beberapa sekolah desain termasuk di jurusan teknik informatika.

 

3. Adobe Illustrator

Dalam hal mengolah vector, software satu ini nggak kalah canggih dengan Corel Draw. Adobe Illustrator memiliki kemampuan untuk mengolah foto atau gambar berbasis vector.

 

Kamu bisa menggunakan Adobe Illustrator untuk membuat desain visual seperti poster, banner, atau logo. Kemumpuniannya dalam menghasilkan objek akhir dengan resolusi yang tinggi didukung dengan fitur-fitur yang serupa Corel Draw.

 

Variasi warna yang disediakan pun lebih lengkap sehingga kamu bisa memadupadankan atau bermain gradasi. Meski mampu mengolah file berukuran di atas 50 MB, output yang dihasilkan memiliki ukuran relatif kecil dibandingkan Adobe Photoshop dan Corel Draw.

 

4. Adobe InDesign

Adobe InDesign merupakan anggota Adobe family yang biasa digunakan untuk layout media cetak. Misalnya, layout majalah, tabloid, buku, dan koran.

 

TIdak itu saja, fitur InDesign juga bisa membuat gambar menjadi blur dan transparan. Software ini mampu mengimpor data dengan berbagai format, seperti .JPG, .psd, .doc dan .pdf. Hasil akhirnya bisa disimpan dalam beragam format sehingga kamu tidak perlu khawatir hasilnya nanti tidak compatible dengan komputer lain.

 

Itu tadi 4 software desain populer yang penggunaannya bisa disesuaikan kebutuhan. Untuk memperdalam pemahaman dan aplikasi yang lebih canggih, nggak ada salahnya kamu tekuni materi ini di jurusan teknik informatika. Meski terkesan lekat pada profesi desainer grafis saja, di jurusan ini juga diajarkan cara mendesain menggunakan software di atas lho.

Posted in: News


WhatsApp chat