Mengenal Google Classroom, Aplikasi Belajar Mengajar dengan Sejuta Keunggulan - IDS Digital College

Mengenal Google Classroom, Aplikasi Belajar Mengajar dengan Sejuta Keunggulan

Semenjak pandemi Covid-19 menyebar, hampir seluruh sekolah diliburkan oleh pemerintah di seluruh Indonesia. Para siswa diperkenankan untuk belajar di rumah hingga waktu yang belum bisa ditentukan. Kemendikbud melakukan serangkaian cara agar siswa baik Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK bisa mendapatkan materi pembelajaran. Salah satu platform yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar tersebut adalah Google Classroom. Apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan dari Google Classroom? Simak penjelasan singkat berikut.

1. Berkenalan dengan Google Classroom
Google Classroom adalah suatu aplikasi pembelajaran campuran secara online yang bisa didapat dan digunakan secara gratis. Classroom merupakan bagian dari G Suite for Education yang hadir dalam versi aplikasi seluler. Pengguna wajib memiliki akun Google untuk mengaksesnya agar saling terhubung. Google Classroom terikat bersama Drive, Calender, Form, Jamboard, Hangouts Meet, Docs, Sheets, Slide, serta Gmail. Layanan tersebut dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Google Classroom membantu kegiatan belajar mengajar menjadi lebih produktif dan bermakna dengan menyederhanakan tugas, meningkatkan kolaborasi, dan membina komunikasi. Pengajar dapat membuat kelas, memberikan tugas, mengirim masukan, dan melihat semuanya hanya di satu tempat. Aplikasi ini tersedia bagi pengguna iOS dan Android dan pengguna bisa mengambil foto serta melampirkan penugasan, berbagai file, dan mengakses informasi secara offline. Mereka juga bisa saling berinteraksi di kolom komentar.

2. Kegunaan
Kegunaan Google Classroom ini bermacam-macam. Salah satunya, pengguna dapat melakukan kolaborasi online dengan lebih efisien. Guru atau mentor dapat mengirimkan pemberitahuan ke peserta atau siswa mereka untuk memulai diskusi online atau kegiatan pembelajaran tertentu. Peserta berkesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan mengunggah postingan langsung ke dalam diskusi di Google Classroom. Layanan ini berguna bagi siswa yang kesulitan dan membutuhkan bantuan terkait suatu tugas atau topik tertentu yang dibahas. 

Fungsi utama dari Google Classroom yaitu untuk meningkatkan aspek pembelajaran sosial pendidikan online yang memungkinkan siswa mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan keterampilan rekan belajar mereka. Dengan begitu, aplikasi ini mendukung untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar peserta dan guru.

3. Fitur
Sebelum menggunakannya, akan lebih baik untuk mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan Google Classroom agar kamu tidak kesulitan. Berikut beberapa fitur penunjang di Google Classroom:

  • Tugas (Assignments)

Setiap tugas yang diunduh akan tersimpan dan dinilai dengan fitur ini. Guru dapat memilih file secara template sehingga peserta dapat mengedit salinannya sendiri untuk diberi nilai. Semua peserta dapat melihat, mengedit, menyalin dokumen yang sama.

  • Penilaian (Grading)

Guru atau mentor dapat memantau kemajuan tugas siswa dan memberi komentar atau mengedit. Setelah dinilai, tugas hanya bisa diedit oleh guru.

  • Laporan Orisinalitas

Fitur satu ini baru diperkenalkan bulan Januari tahun 2020 lalu yang memungkinkan guru dan siswa melihat bagian dari karya yang diajukan yang berisi kata-kata yang mirip dengan sumber lain. Sehingga peserta atau siswa dapat memverifikasi integritas akademik yang disampaikan. Guru dapat mengaktifkan laporan orisinalitas untuk tiga tugas.

  •  Keamanan Pribadi

Google Classroom yang merupakan bagian dari G Suite for Education tidak menampilkan iklan dalam proses antarmuka dan data pengguna tidak dipindai serta digunakan untuk kepentingan iklan.

4. Keunggulan
Keunggulan dari Google Classroom yaitu bisa diakses di komputer dengan peramban apapun, mulai dari Chrome, Firefox, Internet Explorer, hingga Safari. Aplikasi ini mendukung rilis browser utama secara berkelanjutan. Bahkan juga tersedia untuk perangkat seluler berbasis Android dan Apple. Manfaat kedua ketika menggunakan Google Classroom, yaitu menghemat waktu, meningkatkan kerja sama dan komunikasi, praktis, dan masih banyak lagi.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat