Scoop, Aplikasi yang Sukses dengan Memanfaatkan Ide Sederhana - IDS Digital College

Scoop, Aplikasi yang Sukses dengan Memanfaatkan Ide Sederhana

Baca buku adalah salah satu kegiatan yang menjadi hobi kebanyakan orang. Dengan membaca kamu bukan hanya bisa menambah wawasan tetapi juga sekaligus meningkatkan awareness kita terhadap isu-isu sosial yang ada di sekitar. Sayangnya kegiatan membaca ini jadi terkesan merepotkan karena harus membawa buku ke mana-mana. Belum lagi jika bukunya tebal, tas jadi makin berat. 

Karena faktor inilah, hadir aplikasi Scoop yang memungkinkan kamu untuk membaca kapan saja dan dimana saja hanya melalui smartphone atau tablet. Apa kamu pernah dengar tentang aplikasi Scoop, atau bahkan sudah download di smartphone? Berikut penjelasan tentang aplikasi Scoop yang merupakan salah satu pionir perusahaan mobile-first di Indonesia.

Sejarah dan Perkembangan Aplikasi Scoop

Scoop pada awalnya merupakan aplikasi e-reading yang berasal dari Indonesia. Aplikasi ini diciptakan khusus iPad yang memungkinkan pengguna mengunduh dan membaca berbagai konten digital seperti majalah, surat kabar, sampai buku. Delapan bulan kemudian Scoop meluncurkan aplikasinya khusus untuk para pengguna Android. Untuk versi Android, Scoop memiliki antarmuka pengguna yang berbeda dari versi iOS-nya. Namun Scoop Android juga mengadopsi beberapa fitur yang tidak tersedia di iOS, seperti opsi pembayaran untuk transfer bank atau PayPal serta optimalisasi Android kelas bawah. Dikembangkan oleh developer Apps Foundry, Scoop kini dapat diunduh di gadget iOS ataupun Android.

Scoop dirilis tahun 2011 sebagai salah satu pionir perusahaan mobile-first di Indonesia. Perkembangan Scoop meningkat pesat, ia berhasil meraih posisi teratas di App Store maupun Google Play Store. Tak hanya itu, Scoop juga berhasil mempertahankan prestasinya sebagai satu-satunya aplikasi karya anak bangsa berbayar yang menduduki posisi top grossing di App Store.

Dengan aplikasi Scoop, kamu nggak perlu lagi pergi kemana-mana bawa majalah, buku, atau koran dalam bentuk fisik. Hanya dalam satu aplikasi, kamu sudah bisa menikmati ratusan jenis buku ataupun majalah dari Indonesia, Singapura, dan malaysia hanya dari Smartphone kesayangan. 

Apps Foundry yang Kini Ada di Pasaran:

  • Scoop untuk iOS – yang telah berhasil mendistribusikan lebih dari 1 juta majalah melalui iPad dan iPhone.
  • Samsung eReading yang juga didukung oleh Scoop – aplikasi Android eksklusif untuk Samsung.
  • Scoop Interactive – kios koran iOS interaktif berbasis HTML5 yang memuat lebih dari 10 majalah.
  • Scoop untuk Android – new born yang tersedia untuk tablet ataupun smartphone. 

Scoop Diakuisisi Kompas Gramedia

Pada tahun 2013 lalu, Scoop membuat sebuah situs GetScoop yang akan menjangkau lebih banyak pembaca online baik itu dari PC atau laptop. Webstore Scoop ini diluncurkan setelah mereka mendapat kontrak eksklusif dengan Kompas Gramedia. Sebuah publisher terbesar di Indonesia yang menyediakan hingga 10.000 lebih katalog untuk menambah variasi konten Scoop. 

Di tahun 2016 Scoop melebur bersama menjadi Gramedia Digital Nusantara. Scoop berusaha menggabungkan dua budaya yang berbeda yaitu budaya perusahaan mapan (Gramedia) dan juga perusahaan berbasis startup. Pihak Gramedia mengaku jika proses merger ini membutuhkan proses yang tidak mudah, banyak p=bentrokan dan juga cara bekerja tim berbeda yang terlibat di dalamnya. 

Scoop Punya Peranan Penting Bagi Gramedia

Scoop di sini memiliki peranan untuk melengkapi layanan Gramedia.com yang menjadi platform e-commerce dari jaringan toko buku Kompas Gramedia. Ibarat kata Scoop adalah garda terdepan yang memiliki peran penting untuk memperkuat penawaran digital Kompas Gramedia di bidang media dan komersial. 

“Scoop memiliki peran penting dalam memperkuat tawaran digital Kompas Gramedia di bidang media dan komersial. Terdapat kesesuaian strategi antara Gramedia.com dan Scoop yang tentunya akan memperkuat kedua platform,” ujar CEO Gramedia.com Andy Budiman dikutip dari Kompas.com

Kini berdasarkan data terakhir disebutkan jika aplikasi Scoop sudah diunduh lebih dari  6 juta pengguna serta telah bekerja sama dengan 400 penerbit. Scoop juga menyediakan lebih dari 50 juta judul koran, 30.000 judul buku dan 800 judul majalah dalam format digital. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat