Mengenal Manfaat Blog untuk Bisnis Startup - IDS Digital College

Mengenal Manfaat Blog untuk Bisnis Startup

 

Selama beberapa tahun terakhir para pemilik usaha tak terkecuali pelaku startup mempromosikan bisnis mereka melalui content marketing. Perusahaan terus mencari cara yang efektif dan lebih baik bahwa konten yang mereka buat bisa bermanfaat bagi audiens. Ada banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan salah satunya melalui blog. Berikut sejumlah manfaat blog untuk bisnis startup yang harus kamu tahu.

 

SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization atau SEO menjadi strategi untuk membuat bisnis lebih menonjol dan berada di urutan teratas pada mesin pencari. Agar website bisnis milikmu berada di urutan paling atas, caranya bisa melalui blog. Kamu dapat menyisipkan beberapa kata kunci yang relevan bagi audiens pada artikel di blog. Memang tersedia banyak cara untuk mengoptimasi SEO on page ataupun SEO off page. Namun, blog masih menjadi cara yang paling efektif agar website milikmu berada di posisi teratas mesin pencari.

Menciptakan Ikatan Khusus Terhadap Audiens

Blog berguna untuk menciptakan nilai tertentu yang ingin kamu tanam di benak audiens. Menambahkan nilai tertentu akan berpengaruh pada pengalaman audiens secara keseluruhan. Kamu dapat membagikan informasi terkait perusahaan, berupa checklist, ide gagasan, serta tips dan trik lainnya. Informasi yang bermanfaat bertujuan untuk menciptakan rasa kepercayaan dan kedekatan audiens terhadap bisnismu.

Memanfaatkan Data Email Customer

Kamu bisa memanfaatkan blog untuk mengumpulkan data terkait customer, termasuk email. Email dapat digunakan untuk strategi marketing, seperti mengirimkan pesan terkait tugas atau jasa dari bisnis yang kamu jalani. Email customer yang kamu dapat sangat bagus untuk strategi marketing jangka panjang. Umumnya, kamu seringkali menemukan pop-up berisi formulir email ketika berkunjung ke sebuah blog.

Menarik Banyak Pelanggan

Menjaring banyak customer bisa dengan berbagai cara. Setidaknya, kamu harus memahami beberapa hal dasar seperti tiga tahapan berikut, yaitu Tahap Awareness, Consideration, Keputusan atau Decision. Salah satu manfaat blog untuk bisnis adalah dapat sebagai jembatan dari tiga tahapan di atas. Tiga tahapan tersebut memiliki peran yang sama dalam konversi.

Sebagai contoh, sebuah tips yang kamu cantumkan di dalam blog bisa membantu menarik seorang customer baru dan mengarahkan mereka untuk memperimbangkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Review dari pelanggan atau testimoni juga dapat dijadikan bukti yang kuat untuk menjaring banyak customer. Dengan begitu, blog menjadi elemen yang penting dalam strategi marketing saat ini.

Meningkatkan Visibilitas

Terkadang, tak sedikit dari perusahaan tidak mengalokasikan dan menginvestasikan dananya untuk hal yang berkaitan dengan operasional atau manajemen brand. Padahal, blog sangat bernilai bagi konsumen. Audiens dapat mengunjungi laman bisnismu untuk mengetahui informasi terkait produk atau layanan yang ditawarkan. Lewat blog, mereka juga secara otomatis belajar tentang bisnis secara umum. Manfaat blog untuk bisnis lainnya tentu untuk meningkatkan visibilitas bisnis.

Membuat Backlink

Lewat blog, kamu bisa menciptakan backlink yang bagus untuk SEO. Ketika website lain membuat link yang mengarahkan audiens untuk ke website milikmu, rekomendasi digital dapat membantu meningkatkan domain authority website atau blog yang masuk ke dalam algoritma pada mesin pencari.

Sebagai Ruang untuk Umpan Balik atau Feedback 

Artikel atau informasi yang kamu cantumkan di blog dapat menjadi ruang bagi para customer untuk saling berinteraksi satu sama lain, termasuk berkomentar atau saling menceritakan produkmu kepada pelanggan lainnya. Interaksi ini bisa dijadikan sebagai acuan bagi calon pelanggan untuk mengambil keputusan dalam membeli dan tertarik terkait produkmu.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat