Mengetahui Proses & Peran Penting Software Development - IDS Digital College

Mengetahui Proses & Peran Penting Software Development

Sebagai seorang murid jurusan Teknik Informatika, sudah semestinya kamu mengetahui seberapa penting sebuah proses dan peran yang dilakukan oleh software development. Karena dalam bidang ini membutuhkan banyak proses yang harus dilakukan agar sebuah software mampu memenuhi tingkat kebutuhan dari para penggunanya.

 

Terdapat sebuah tim yang mengolah bidang software development ini. Biasanya dikerjakan oleh para ahli yang lulus dari jurusan Teknik Informatika. Dipimpin oleh  project manager, kemudian menyusul dibawahnya terdapat designer, engineer atau developer, dan quality assurance. Nah sebelum berlanjut lebih dalam, mari kita kenalan dulu tentang apa itu software development.

 

Jadi software development adalah serangkaian proses pengembangan produk berupa perangkat lunak agar tetap bisa memenuhi nilai kegunaan. Proses ini dilakukan tanpa jangka waktu, tergantung dari proyek yang dilakukannya. Selain itu menurut IBM, research software development mengacu pada rangkaian aktivitas ilmu komputer yang dimaksudkan untuk menciptakan, mendesain, menyebar dan mendukung software.

 

Pada dasarnya proses-proses pengembangan itu dilakukan untuk menghasilkan software dengan kualitas tertinggi, yang membutuhkan biaya terendah, dan dalam waktu yang singkat. Selain proses pengembangan, juga terdapat tahapan terperinci tentang perubahan dan maintenance software. Tergantung dari perusahaannya, beberapa perusahaan menggunakan tahapan perencanaan, desain, pembangunan, pengujian dan penyebaran sebelum mendapatkan hasil jadi yang akan dipublish.

 

Untuk melakukan proses pengembangan ini biasanya menggunakan metode waterfall, spiral dan agile. Dimana sebagian proses dijalankan oleh programer, software engineer dan software developer. Posisi-posisi ini nantinya bisa kamu dapatkan setelah kamu lulus dari kuliah di jurusan teknik informatika. Kamu bisa memilihnya mulai dari sekarang, ingin lebih fokus dalam bidang apa nantinya.

 

Nah untuk menjalankan semua proses yang dibutuhkan software development memang tidak mudah, ada langkah-langkah yang harus diikuti secara sistematis. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut langkah-langkahnya:

 

 

1. Pengumpulan Keperluan dan Analisis

 

Analisis yang baik memudahkan untuk melanjutkan pengembangan software ke tahap selanjutnya. Fase ini akan melibatkan banyak stakeholder seperti project manager, developer, operation, security dan lainnya. Mereka akan mengumpulkan tentang apa yang harus diperbaiki, dievaluasi, dimodifikasi dan bagaimana produk baru akan diimplementasikan.

 

 

2. Desain

 

Setelah analisis maka lanjut ke tahap desain. Dalam tahap ini akan menggambarkan bagaimana software akan bekerja dan akan terlihat seperti apa. Fungsi dan alur kerja adalah yang harus paling diperhatikan. Dalam situasi tertentu, biasanya hasil desain mendapatkan feedback terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke proses coding.

 

 

3. Implementasi dan Tes

 

Ini adalah tahap paling sulit dan beresiko. Pada tahap ini developer akan mulai menulis kode sesuai kebutuhan. Seiring dengan proses pembangunan software yang sedang berjalan, pengujian dan tes juga menjadi hal yang penting. Proses pengujian yang dilakukan saat tes sangat penting karena dapat menemukan error atau bug dari software tersebut.

 

 

4. Penyebaran

 

Setelah memastikan tidak ada masalah dalam pembuatan produk, maka produk siap untuk dirilis. Di sebagian besar perusahaan, proses perilisan ini biasanya dilakukan secara otomatis, salah satunya dengan menggunakan tool ARA (Application Release Automation). Beberapa perusahaan menyebutnya versi beta, sehingga pengguna bisa memberikan feedback dalam rilis beta dan perubahan bisa dilakukan pada proses ini.

 

 

5. Maintenance 

 

Setelah produk beroperasi, maka akan ada pemeliharaan atau maintenance yang meliputi modifikasi sejumlah fitur seiring berkembangnya waktu dan kebutuhan pengguna, mengawasi performa sistem, perbaikan bug dan penerapan perubahan yang diperlukan.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat