Mulai dari Belanja Hingga Bekerja, 5 Aplikasi Populer Berikut Sangat Bermanfaat Saat Social Distancing - IDS Digital College

Mulai dari Belanja Hingga Bekerja, 5 Aplikasi Populer Berikut Sangat Bermanfaat Saat Social Distancing

Kebijakan social distancing atau menjaga jarak dari kerumunan orang mulai berlaku sejak wabah Covid-19 meluas di beberapa negara. Langkah tersebut diambil untuk mengurangi penyebaran virus. Setelah peraturan tersebut ditetapkan, institusi pendidikan hingga perusahaan menganjurkan masyarakat untuk sebisa mungkin beraktivitas seperti belajar dan bekerja dari rumah. Terbatasnya ruang gerak masyarakat membuat penggunaan teknologi semakin intens. Berikut daftar aplikasi populer saat social distancing yang dapat menghilangkan rasa jenuh.

1. Google Meet
Bagi pekerja yang sedang WFH atau Work From Home membutuhkan sejumlah aplikasi untuk mempermudah pekerjaan, seperti Hangouts Meet atau Google Meet. Aplikasi video conference ini dalam satu kali panggilannya memiliki kapasitas hingga 250 pengguna. Beberapa fitur yang ditemukan, yaitu menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speech, jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar, dan lainnya. Google Meet bisa diunduh secara gratis di PC dan perangkat komputer lainnya.

2. WhatsApp
Aplikasi WhatsApp memang tidak asing lagi di masyarakat. Platform berkirim pesan sekaligus panggilan video ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan terutama dalam berkomunikasi. Selain itu, aplikasi ini kerap digunakan untuk transaksi jual beli. WhatsApp bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika dan organisasi kesehatan dunia yaitu WHO dalam memberikan informasi terkini dan valid tentang Covid-19.

3. TikTok
Berdiam di rumah dalam waktu yang cukup lama terkadang membuat jenuh sebagian orang. Maka itu, banyak orang melampiaskan rasa bosannya dengan mengunduh aplikasi hiburan seperti TikTok. Platform media sosial berupa streaming video ini sebenarnya sudah populer sebelum social distancing diberlakukan. Namun penggunanya semakin bertambah semenjak peraturan tersebut diterapkan. Tak sedikit orang yang ikut challenge atau tantangan menarik lewat sebuah video. Popularitas aplikasi TikTok pun tidak hanya terlihat di aplikasi ini saja, melainkan beberapa videonya juga tersebar di platform media sosial lain seperti Twitter, Facebook, hingga televisi.

4. Moodpath
Social distancing dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Nah, Moodpath adalah salah satu aplikasi yang menawarkan asesmen kesehatan mental yang dapat membantumu mempertimbangkan sekaligus membahasnya dengan bantuan profesional. Moodpath akan memberikan sejumlah pertanyaan selama 14 hari berturut-turut untuk mengukur kondisi emosional penggunaannya dan memberikan hasil laporan dari pertanyaan yang telah diajukan. Kamu dapat berbincang dengan tenaga profesional lewat fitur obrolan yang disediakan. Menariknya lagi, Moodpath menyediakan lebih dari 150 latihan dan fasilitas yang bertujuan untuk memperbaiki kesehatan mental penggunanya. Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang merasa stress saat social distancing.

5. Happy Fresh
Menjauhkan diri dari keramaian merupakan salah satu hal yang kita bisa lakukan saat ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Agar tidak keluar rumah dalam jangka waktu yang cukup lama, tak sedikit orang berbondong-bondong belanja dan menimbun sembako untuk memenuhi kebutuhan harian. Tindakan tersebut tidak dibenarkan oleh pemerintah. Akan lebih baik belanja sembako dengan tidak berlebihan. Bagi kamu yang tak ingin repot tapi tetap ingin berbelanja, bisa mengunduh Happy Fresh. Aplikasi belanja kebutuhan dapur secara online ini mulai populer digunakan. Happy Fresh bekerja sama dengan sejumlah supermarket, seperti Food Hall, Hero, Superindo, Giant, Lotte Mart, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi kebutuhan harian tanpa harus keluar rumah.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat