Tertarik Karir di Bidang Game Development, Begini Cara Memulai - IDS Digital College

Tertarik Karir di Bidang Game Development, Begini Cara Memulai

Kamu termasuk orang yang hobi bermain game? Pernah penasaran dengan siapa yang menciptakan permainan menyenangkan ini? Sebuah game, baik aplikasi di smartphone maupun komputer dirancang dan dibangun oleh banyak orang. Salah satunya game developer yang belakangan menjadi incaran para fresh graduate IT. 

Game developer merupakan seorang software developer yang lebih spesifik dalam pembuatan aplikasi game. Mereka tidak hanya ahli dalam pemrograman tapi juga matang dalam konsep algoritma. Tak hanya lulusan teknik informatika, orang-orang yang berkarir dalam dunia game development juga dari berbagai jurusan dan menyukai sebuah permainan. 

Memulai karir sebagai game developer tidaknya susah. Namun, ada banyak hal yang perlu diketahui. Nah, penasaran bagaimana memulai karir di bidang ini? Berikut langkah-langkahnya.

1. Hobi bermain game
Salah satu cara memulai karir sebagai game developer dimulai dengan tahu cara memainkan game. Tujuannya tidak hanya mendapatkan kemenangan, tapi juga belajar dan memperhatikan algoritma yang digunakan oleh pengembang. Setelah mengetahui strategi dan struktur nasari, bisa menjadi awal untuk menjadi seorang ahli di bidang game development.

2. Bergabung dengan komunitas
Berkembangnya teknologi berpengaruh kepada kamu yang berniat untuk menjadi seorang game developer. Bagaimana tidak, kemudahan untuk bertemu dengan komunitas yang sama-sama hobi bermain game sangat mudah. Tidak harus tatap muka, komunikasi antar anggota juga bisa dilakukan lewat internet. Sehingga komunitas tidak terbatas di kota asal, tapi juga antar negara. Semakin banyak rekan, maka kemungkinan untuk memulai menjadi game developer semakin mudah. 

3. Tentukan rencana ke depan
Untuk menjadi seorang ahli di bidang game development, pembuatan rencana harus dilakukan lebih dulu. Atur apa saja yang akan dilakukan dan beri batasan waktu sehingga kamu bisa disiplin. Seperti belajar bahasa pemrograman, software testing, software debugging, dan banyak lagi lainnya.  

4. Asah kemampuan untuk mempertajam keahlian
Untuk menjadi seorang ahli di bidang game development, kamu perlu mengetahui seberapa jauh kemampuan yang dimiliki. Jika dirasa kurang, kembali untuk belajar. Belakangan, cara mengasah kemampuan tidak harus sekolah. Ada kursus bahkan tutorial online yang bisa diikuti dengan disiplin. Asah terus kemampuan sehingga kamu benar-benar ahli dan siap menjadi seorang game developer. 

5. Jalin koneksi dengan orang di industri game developer
Selain bergabung dengan komunitas, ada cara lain untuk memulai karirmu sebagai game developer berjalan mulus. Adalah berkenalan dengan orang-orang di industri satu ini. Tak harus game developer professional, kamu juga bisa menjalin koneksi dengan programmer atau software engineer. Cari ilmu sebanyak-banyaknya dari mereka, dan jangan sungkan untuk meminta bantuan mencarikan proyek atau pekerjaan. 

6. Pantang menyerah dalam memulai karir
Melihat jenjang karir serta penghasilan yang didapatkan seorang game developer memang menggiurkan. Apalagi ketika bertemu dengan orang-orang hebat di dalam industri ini. Hal tersebut bisa menjadi motivasi kamu untuk menyusul kesuksesan mereka. Tentu saja imbangi dengan sifat pantang menyerah dan terus bersemangat dalam menitih karir.

Ada banyak cara untuk bisa menjadi game developer. Namun, menjadi seorang yang profesional dalam bidang ini juga tidak mudah. Proses jatuh bangun akan dirasakan. Karena itu pula, kamu harus tetap bertahan dan pantang menyerah untuk bisa menjadi orang sukses di bidang teknologi ini. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat