Software Database Open Source Tercanggih di Dunia - IDS Digital College

Software Database Open Source Tercanggih di Dunia

Versi terbaru software database open source dari PostgreSQL Global Development Group telah hadir. Dengan hadirnya versi PostgreSQL 10 ini, development mengklaim bahwa software ini adalah yang tercanggih di dunia. Ini dikarenakan telah dilakukan pengembangan dengan penambahan fitur baru untuk menangani workload database modern masa kini. Software ini mampu mendistribusikan data ke banyak simpul untuk mempercepat akses, memanajemen, dan analisis data.

 

Pengembang memfokuskan dalam membangun fitur dengan memanfaatkan konfigurasi infrastruktur modern untuk mendistribusikan workloads. Fitur seperti paralelisme query dan replikasi logikal merepresentasikan kerja keras dan menunjukan dedikasi berkesinambungan komunitas pengembang guna memastikan kepemimpinan postgres seiring dengan perkembangan kebutuhan teknologi. Versi terbaru ini juga menawarkan dukungan lebih baik untuk paralelisasi query dengan memparalelkan lebih banyak bagian dari proses eksekusi query.

 

Pengembangan versi ini juga mencakup tambahan jenis pemindaian data yang di paralel dan dioptimalkan saat digabungkan kembali, dan hasilnya ini akan membuat banyak task terselesaikan dengans cepat. Fitur replikasi dari PostgreSQL versi 10 ini juga diperluas dengan adanya replikasi logikal, dimana ia memiliki kemampuan untuk mengirim perubahan pada tingkat per database dan per tabel ke database yang berbeda. Kamu bisa menyempurnakan data yang direplikasi ke berbagai cluster database dan bisa melakukan upgrade dengan zero-downtime ke versi PostgreSQL yang akan datang.

 

Banyak orang khususnya developer menganggap bahwa hadirnya versi terbaru ini merupakan sebuah misi penyelamatan terhadap kebutuhan akan sistem yang mumpuni dan memiliki performa yang tinggi. Tidak hanya itu, tapi juga mampu menangani beban produksi secara masif. Biasanya perusahaan yang membutuhkan software-software seperti adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial, perbankan, dan industri.

 

Biasanya perusahaan itu sudah menggunakan Relational Database Management System (RDBMS) dengan biaya layanan dan langganan yang cukup tinggi, dan PostgreSQL hadir sebagai solusi untuk menyelamatkan mereka. Karena sejak rilisnya PostgreSQL versi 8.4, developer telah memberikan berbagai layanan seperti instalasi, konfigurasi untuk performa tinggi, dan memindahkan data dari RDBMS ke PostgreSQL.

 

Jadi karena itu, akan ada banyak benefit yang kamu dapatkan jika menggunakan PostgreSQL versi 10 ini. Pertama karena mereka memiliki fitur replikasi logikal untuk mempublish atau mensubscribe framework untuk distribusi data. Kemudian ada partisi tabel deklaratif, memudahkan untuk membagi data yang dibutuhkan. Ketiga, ada peningkatan paralelisme query untuk mempercepat analisis. Keempat ada Quorum Commit untuk replikasi sinkron dimana kamu bisa mendistribusikan data dengan pasti. Terakhir terdapat otentikasi SCRAM-SHA-256 untuk mengamankan akses dan data kamu.

 

Dimana kesimpulannya dengan terbitnya PostgreSQL ver 10 ini, memang merupakan data software open source tercanggih di dunia pada saat itu diluncurkan. Dengan pengalaman mereka yang telah membuat banyak project selama 30 tahun ini di bidang engineering. Rangkaian sistem dan fitur dari PostgreSQL tidak hanya cocok untuk sistem basis data top proprietary, namun juga diperluas ke dalam fitur basis data lanjutan, ekstensibilitas, security, dan stabilitas.

 

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang apa itu PostgreSQL dan apa saja fungsinya, bagaimana cara menggunakannya, atau mengetahui tentang software database open source lainnya, kamu bisa kuliah jurusan Sistem Informasi di IDS Digital College.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat