Spotify VS Apple Music, Mana yang Lebih Baik? - IDS Digital College

Spotify VS Apple Music, Mana yang Lebih Baik?

Musik lover pasti bakal susah kalau harus milih antara Spotify dan Apple Music. Kedua portal streaming musik ini menawarkan service yang lebih banyak dibanding biaya bulanan mereka. 

Sebagai permulaan, Spotify membuka jalan bagi pasar streaming musik saat ini – perusahaan ini memiliki hingga 345 juta pelanggan pada Q4 2020. Sementara Apple’s Music dikenal dengan produk eksklusifnya yang terkenal, library, radio yang dikurasi, dan integrasi yang mulus dengan iOS 14 dan versi iOS yang lebih lama. Eksklusifitas dari Apple membuatnya memiliki lebih dari 72 juta pelanggan premium, membuatnya jadi lebih unggul dari Spotify di AS. 

Tapi overall, Spotify tetap menjadi juara global. Persaingan antara keduanya telah membantu industri rekaman mencapai rekor tertinggi untuk pendapatan digital. Dan pertanyaan soal siapa yang jadi lebih baik jadi makin sulit dijawab. Tapi di ulasan kali ini, kamu bisa melihat sedikit perbedaan dari kedua brand portal streaming tersebut.

1. Music Library

  • Spotify

Spotify ada di posisi dominan dengan kekuatan katalog lagu hingga 50 juta lebih. Ia juga menambahkan lebih dari 40.000 lagu baru setiap hari, dan jelas bahwa layanan ini menawarkan lebih banyak musik daripada yang biasa kamu dengarkan. Spotify juga memiliki sesi live eksklusif, dan single-single baru langsung dari tab New Releases setiap hari Jumat.

  • Apple Music

Layanan Apple, di sisi lain memiliki 60 juta lagi dan mengalahkan pesaing baru seperti Amazon Prime Music dan Jay-Z’s Tidal. Apple juga mengambil langkah untuk mengamankan lebih banyak produk eksklusif daripada pesaing dan tidak memberikan layanan free trial. Satu lagi keuntungan Apple Music, adanya integrasi iTunes library. Musik apapun yang sudah kamu beli akan muncul di Library Apple Music. 

Pemenang: Apple Music.

2. Music Discovery

  • Spotify

Spotify menyediakan banyak alat yang berguna untuk menemukan lagu baru yang sesuai dengan selera kamu. Playlist yang dipersonalisasi seperti Discover Weekly memberikan peluang fantastis bagi user untuk menikmati musik baru dari artis yang tidak pernah mereka temukan sendiri. Kamu bisa dengerin musik sesuai genre yang dipilih, atau bikin playlist pribadi, ada juga Daily Mixes yang selalu diupdate. 

Fitur Discover Weekly patut diacungi jempol,  fitur ini memberikan daftar putar dua jam dari rekomendasi musik yang dipersonalisasi berdasarkan kebiasaan mendengarkanmu serta kebiasaan mendengarkan arti serupa. Spotify juga memberi kamu kesempatan untuk membuat, berbagi, dan mengikuti playlist apapun – termasuk yang dibagikan oleh teman hanya dengan satu klik. 

  • Apple Music

Setelah membuat akun, pengguna diminta untuk memilih beberapa artis favorit, untuk mengetahui selera musik masing-masing pengguna. Interface pada Apple ditandai dengan bola digital yang mewakili setiap nama seniman. Kamu hanya perlu sekali ketuk untuk menemukan artis yang kamu sukai. Daftar playlist didasarkan pada genre, artis, atau bahkan aktivitas tertentu seperti driving. Apple mengklaim bahwa playlist tersebut dikurasi oleh “tim ahli”. 

Tingkat kurasi individu sangat mengesankan, dengan satu staf DJ bisa dengan cepat menyorot playlist Behind the Boards yang mencakup musik dari audio engineers yang membantu menciptakan musik terbaik pada masanya. Pilihan daftar putar Apple Music berasal dari DJ dalam daftar Apple.

Pemenang: Spotify

Baca Juga : Throwback! Ini Daftar Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di AppStore Tahun 2020

3. Podcast

Meskipun Apple Music dan Spotify pada dasarnya adalah aplikasi musik, podcast memiliki peran alami pada platform audio. Spotify telah menjadi tujuan podcast dengan pertumbuhan tercepat sejak meluncurkan fitur tersebut pada tahun 2015. Fakta ini membuat Spotify menggulingkan peran Apple sebagai salah satu penyedia layanan podcast. Kamu bisa menemukan berbagai program populer dan program original yang menarik. Apple Music tidak memiliki fungsionalitas bawaan seperti itu. Podcast dipecah menjadi aplikasinya sendiri tepat saat Apple mulai memecah iTunes dan di situlah podcast akan tetap ada di masa mendatang.

Pemenang: Spotify

Itulah ulasan detail mengenai Spotify dan Apple Music. Keduanya punya kelebihan masing-masing, kamu bisa pilih based on kebutuhan fitur yang diinginkan. Kalau kamu ingin memahami lebih detail dari segi teknis mengenai UI/UX, atau bagaimana algoritma Spotify dan Apple Music, kuliah sambil kerja jurusan Sistem Informasi atau Jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat