Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif Untuk Startup - IDS Digital College

Intip 8 Strategi Pemasaran Digital yang Efektif Untuk Startup

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin baik setiap tahunnya, menyebabkan banyak perubahan, salah satunya adalah pemasaran. Banyaknya pengguna internet saat ini, membuat pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran secara digital. Kurang lebih 77 persen penduduk Indonesia sudah menggunakan internet 

Selain karena biaya yang tergolong murah, pemasaran digital atau digital marketing juga mudah untuk dilakukan. Sehingga banyak perusahaan startup yang memanfaatkan hal ini. Pemasaran Digital ini bisa dimulai dari membuat website, blog atau akun di facebook twitter dan Instagram.

Namun faktanya, cara tersebut belum cukup ampuh untuk meraih kesuksesan dalam menjangkau serta meraih perhatian konsumen. Untuk menjangkau dan menarik perhatian konsumen, kamu harus paham dulu strategi pemasaran digital. 

Menyediakan konten tak sekadar soal posting berkala, tapi harus direncanakan sebegitu rupa supaya hasilnya optimal. Tak jarang, strategi pemasaran digital yang terkesan hard selling dapat stigma negatif dari netizen di media sosial. 

Hal ini dikarenakan sistem pemasaran seperti ini dirasa terlalu memaksakan produk dalam konten tulisan yang sebetulnya tak nyambung.

Nah, untuk kamu yang tidak mengetahui tren strategi. Artikel kali ini akan membahas tentang 7 strategi marketing digital yang Efektif dan bisa kamu terapkan di bisnis startup mu. 

Strategi Pemasaran Digital

Pengertian Digital Marketing 

Sebelum membahas tentang strategi pemasaran digital atau digital marketing, kamu harus tau terlebih dahulu pengertian nya.

Strategi Pemasaran Digital adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien. 

Era daring telah banyak membuat perubahan signifikan tentang cara pemasaran suatu produk. Jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak sebagai sarananya, pemasaran digital banyak menggunakan media-media daring. 

Banyak perusahaan yang saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Jenis Jenis Pemasaran Digital 

  1. Website dan Search Engine Optimization (SEO)

Banyak orang sekarang jika mencari sesuatu selalu mencarinya secara online. Maka dari itu memiliki sebuah website menjadi kebutuhan primer bagi pemilik bisnis. Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis kamu, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

Untuk mencapai stabilitas dan meningkatkan kepercayaan para calon pelanggan, website membutuhkan SEO yang tepat agar konsumen mudah menemukan websitenya di tengah belantara internet.

Kamu harus membuat website yang mudah diakses dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para calon pelanggan potensial. 

  1. Pemasaran Menggunakan Media Sosial 

Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Tentunya hal ini merupakan hal bagus untuk melakukan pemasaran di media sosial. Karena kamu bisa membangun citra merek dan meningkatkan eksposur pada target pasar.

Pemasaran media sosial dapat menjadi alat yang efektif karena dapat menjangkau berbagai kalangan usia dan latar belakang. Dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran ini sangatlah minim atau bahkan gratis.

  1. Konten Pemasaran Digital 

Konten yang dimaksud disini adalah suatu alat yang menjadi media berkomunikasi antar pengguna media elektronik. Content marketing atau pemasaran konten adalah salah satu cabang digital marketing yang menggunakan berbagai macam konten untuk menjangkau dan berinteraksi dengan target pasar produknya.

Konten tentunya banyak jenisnya, ada yang berupa artikel, video, foto, infografis, buku elektronik, dan jenis konten lainnya. Ciri konten pemasaran ini adalah sifatnya informatif dan tidak terlihat ‘berjualan’ secara gamblang.

Tujuan dari pembuatan konten ini adalah menciptakan traffic ke website perusahaan guna menciptakan alur konversi yang stabil. Selain itu, konten yang menarik juga akan meningkatkan visibilitas merek untuk target pasarnya.

  1. Iklan Online 

Memasang iklan online memang menjadi salah satu pilihan dari pemasaran digital. Namun, jika ingin menggunakan iklan online, kamu harus siap siap merogoh uang yang cukup besar. Hanya saja, jika kamu memasang iklan online, kamu bisa mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan. 

  1. Pemasaran Menggunakan Email

Pemasaran menggunakan email sama saja seperti broadcast. Kamu dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

  1. Pemasaran Menggunakan Influencer 

Influencer adalah orang orang yang memiliki pengaruh atau menyebarkan sebuah trend. Biasanya followers dari influencer ini sudah banyak. Hanya saja, kamu harus menggunakan uang yang cukup besar untuk menggunakan jasa influencer. Jika followers influencer banyak, maka uang yang dikeluarkan juga cukup banyak.

Berbeda dengan selebritas, seorang influencer mendapatkan pengaruh dan ketenarannya dari konten-konten yang mereka buat di media sosial. Mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan menyajikan konten-konten yang sesuai dengan ciri khas mereka masing-masing.

Strategi Pemasaran Digital

Strategi Pemasaran Digital Yang Efektif

Tak jarang pemasaran digital mengalami kegagalan atau promosi yang dilakukan tidak sampai kepada para pelanggan. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan tersebut, ada beberapa strategi pemasaran digital ini bisa kalian terapkan sebelum memperkenalkan startup baru.

  1. Menyusun Strategi 

Sebelum melakukan pemasaran, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyusun sebuah strategi terbaik. Kamu tidak bisa langsung melakukan pemasaran tanpa rencana yang matang. Strategi yang kamu perlukan adalah kamu harus menentukan target pasar mu terlebih dahulu dan rencana apa yang akan kamu ambil.

Contohnya seperti, jika produk mu adalah produk kecantikan, maka target pasar mu adalah wanita usia 15-25 tahun. Dan waktu untuk melakukan promosi hanya berlangsung selama satu bulan. 

Hal yang bisa kamu lakukan adalah membuat deadline dan aktivitas apa saja yang ingin kamu lakukan. Kamu juga bisa mengatur tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat proses promosi sedang berlangsung. 

  1. Sudah Menentukan Brand Yang Ingin Dipasarkan 

Jika kamu adalah sebuah perusahaan rintisan atau startup. Hal pertama sebelum melakukan promosi adalah kamu bisa mengenalkan produk mu terlebih dahulu. Hal ini agar orang orang menjadi tau tentang apa yang kamu jual. 

Kamu bisa menyebutkan keunggulan dari produk kamu dibandingkan dengan produk kompetitor tanpa menjelekkan produk lain. Masuk ke pasar memang susah terlebih kalian membawa startup baru di lingkungan baru. Tingkat keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh keterampilan kalian ketika menjelaskan keuntungan apa saja yang bisa konsumen kalian dapatkan jika memakai produk baru kalian.

  1. Menghadapi Pesaing

Jika kamu membuat sebuah startup. Kita pasti akan sering menjumpai para pesaing yang menjual produk yang sejenis dengan apa yang kamu jual. Maka dari itu, dalam strategi pemasaran digital, sebelum memasarkan produk startup baru kalian lebih efektif maka ketahui dulu kekuatan pesaing. 

Keberadaan pesaing tentu membuat kalian harus mengatur kembali strategi pemasaran digital seperti meminta review konsumen untuk membuat perbandingan produk kalian dengan pesaing dan mengapa harus memilih produk kalian dibanding yang lain.

  1. Memahami Karakter Konsumen

Calon konsumen mu pasti memiliki latar belakang yang berbeda. Perbedaan inilah yang menjadikannya terbagi jadi beberapa segmentasi. Segmentasi ini nantinya memudahkan kamu supaya tahu konsumen seperti apa yang ingin kalian sasar. Tak cuma umur dan tingkat pendidikan tertentu, tapi juga jenis kelamin.

  1. Gunakan Facebook dan Instagram Ads

Jika ingin menggunakan facebook dan instagram ads, kamu harus menyiapkan dana yang tak sedikit untuk membayar pemasaran produk jenis ini. Biarpun begitu, cara ini jadi yang paling diminati oleh sesama pelaku bisnis seperti kalian yang tak mau repot-repot mengoptimasi mesin pencari.

Facebook dan Instagram Ads memakai sistem monetisasi PPC (Pay Per Click) dalam memasarkan produknya. Karena berada dalam ranah media sosial yang mana sebagai media online paling banyak diakses, maka cara ini terbilang efektif menyapa konsumen.

  1. Mengikuti Konten Viral

Postingan yang viral tentunya akan menarik banyak para audience. Banyak sekali konten viral yang menyita perhatian masyarakat. Kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk mengikutinya. Seperti yang sering terjadi di aplikasi video tiktok. 

Dimana banyak parodi yang ada setelah beberapa video yang viral. Kamu dapat membuat konten yang sama tetapi dengan ciri khas yang berbeda. Sehingga akan banyak orang yang bisa melihat postingan. Semakin banyak orang yang melihat konten mu, maka banyak kemungkinan juga mereka akan melihat produkmu. 

  1. Manfaatkan Influencer 

Keberadaan influencer dan tokoh yang jadi viral dan populer di media sosial tentu jadi cara ampuh untuk membuat konsumen semakin mengenal produk kalian. Kalian bisa melakukan kerja sama seperti meng-endorsement mereka. 

Dalam strategi ini, kalian bisa meminta ulasan dan testimoni para influencer terkait produk kalian di website maupun di media sosial. Hal ini tentunya akan membuat orang orang percaya bahwa produk mu memang layak untuk digunakan. Karena kekuatan influencer yang mempunyai daya magis untuk meyakinkan followers terhadap apa yang direkomendasikannya. 

Kamu juga harus bisa memilih influencer yang tak cuma punya followers banyak, tapi juga sesuai dengan spesifikasi bisnis startup kalian. Semakin influencer merasa terkenal, pasti mematok harga tinggi. Dan yang tak kalah penting, pertimbangkan juga attitude dan reputasinya.

  1. Mengoptimalkan SEO

Jika kalian memiliki dana yang pas pasan, mengoptimalkan SEO akan menjadi pilihan yang tepat. Jika kita memasang iklan pada google, maka kita harus membayar sekian persen dari hasil keuntungan. Namun jika kalian bisa menerapkan strategi pemasaran digital dengan mengoptimalisasikan mesin pencari, maka kalian tidak harus mengeluarkan uang sama sekali. 

Kalian bisa memakai kata kunci untuk memasarkan produk kalian dengan kata kunci turunannya agar keberadaannya di halaman pertama Google lebih tahan lama. Di samping itu, memakai SEO bisa membuat produk startup kalian sedikit lebih lama bertahan di halaman pertama meski pesaing sudah tak lagi maintenance website yang berisi produk kalian. sampai akhirnya Google melakukan update algoritma hingga turun peringkat di halaman kedua.

Nah itulah 8 strategi marketing yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan startup mu secara efektif. Melakukan pemasaran bisa dilakukan secara berbayar, tetapi jika kamu ingin bersusah payah sedikit. Kamu bisa menghemat biaya pengeluaran. 

Untuk kamu yang ingin belajar pemasaran digital dalam startup atau ingin mengerti startup, di IDS | International Design School menyediakan jurusan Startup Teknologi(S2) dan bergelar Magister Inovasi Sistem dan Teknologi.

Sumber: trusvation.com

Posted in: News



    WhatsApp chat