Tips Aman Menggunakan WhatsApp agar Aman dari Kejahatan Siber - IDS Digital College

Tips Aman Menggunakan WhatsApp agar Aman dari Kejahatan Siber

Saat ini kejahatan cyber semakin menyeramkan. Ada begitu banyak data yang mudah bocor di internet, terutama pada aplikasi. WhatsApp. Aplikasi komunikasi ini merupakan sebuah kebutuhan pokok di jaman now. Hampir semua komunikasi dilakukan melalui WhatsApp. Namun sayangnya, WhatsApp memiliki fitur keamanan yang cukup lemah. Tidak terlalu sulit juga melakukan hacking ke akun Whatsapp seseorang meski kamu bukan hacker profesional. Caranya pun terbilang mudah.

 

Karena banyak trik dan aplikasi yang bisa dilakukan untuk membajak WhatsApp-mu. Untuk itu pastikan selalu aktifkan fitur verifikasi dua langkah agar kamu bisa melindungi akun WhatsApp dari potensi penipuan, hacking dan kerusakan data. Selain itu WhatsApp juga secara otomatis dilindungi oleh fitur enkripsi end-to-end, dimana semua pesan baik teks maupun suara hanya bisa dilihat oleh pengirim dan penerima saja. Pihak ketiga, termasuk WhatsApp tidak bisa mengaksesnya.

 

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dalam melindungi privasi kamu di WhatsApp. Karena itu kamu bisa coba 6 tips di bawah ini untuk menggunakan WhatsApp secara aman dan terhindar dari kejahatan siber.

1. Pengaturan Privasi

 

Kamu bisa mengontrol privasi pengguna. Mulai dari laporan pesan telah dibaca, informasi profil, foto profil dan last seen. Kamu bisa mengaturnya sendiri apakah memperbolehkan orang lain bisa melihat hal-hal tersebut atau tidak. Ada pilihan mengijinkan siapa saja (everyone), kontak saya (my contacts), atau tidak ada (nobody).

 

 

2. Autentikasi Dua Langkah

 

Ini merupakan proteksi berlapis saat kamu akan masuk ke akunmu. Mulai dari verifikasi lewat sms dan email. Kamu juga harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Caranya gampang, tinggal pergi ke menu setting dan tekan account. Lalu pilih two step verification dan masukan 6 digit yang akan kamu buat sebagai passcode. 

 

 

3. Blokir

 

Fitur blokir bisa kamu gunakan saat kamu menerima spam dari nomor yang tidak dikenal. Atau kamu ingin menghindari seseorang yang tidak diinginkan. Kamu bisa pergi ke pilihan “blokir kontak” dan pilih mana saja yang ingin kamu blokir. Orang yang diblokir tidak akan bisa mengirim pesan maupun melakukan telepon atau video call melalui WhatsApp.

 

 

4. Menghapus Percakapn

 

Semua pesan yang ada di WhatsApp bisa dihapus. Untuk menghapus percakapan kamu bisa pilih opsi “clear chat”. Menghapus pesan yang memalukan memang hal paling baik sebelum orang lain melihatnya dan menyebarkannya ke internet.

5. Kontrol Pembaruan Status

 

Kamu juga bisa melakukan kontrol pada siapa saja yang bisa melihat snap wa-mu. Jika kamu membiarkan semua orang melihat story WhatsApp-mu kamu bisa pilih “semua kontak”. Atau kamu bisa pilih, “kontak saya, kecuali..” yang artinya kamu bisa mengecualikan orang-orang yang ada di kontakmu untuk tidak bisa melihat snap WhatsApp kamu. Jika kamu ingin membagikan snap WhatsApp kamu ke orang tertentu saja, kamu bisa memilih menggunakan “hanya bagikan dengan.”.

 

 

6. Meminta Info Akun

 

Sama seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp juga memiliki fitur yang diunduh penggunanya tentang informasi apa saja yang mereka dapatkan selama aktif di WhatsApp. Untuk mendapatkan akses itu kamu bisa pilih setting kemudian pilih menu account dan klik opsi permintaan informasi akun, lalu klik request report atau permintaan laporan. Kamu akan mendapatkan laporan itu setelah tiga hari pengajuan permintaan. Permintaan informasi akan dibatalkan jika kamu menghapus akun WhatsApp, mengubah nomor ponsel atau registrasi ulang akun selama waktu tunggu 3 hari itu.

 

Ingin bekerja di bidang cyber crime? Kamu bisa ambil kelas jurusan Jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat