Wajib Baca! 11 Aplikasi Ini Rentan di Hack - IDS Digital College

Wajib Baca! 11 Aplikasi Ini Rentan di Hack

Jutaan aplikasi dengan berbagai fitur bisa kamu temukan di PlayStore. Mulai dari media sosial, foto editor, atau aplikasi buat streaming. Beberapa di antaranya berhasil menduduki peringkat teratas, tapi nggak semua dibarengi dengan perlindungan keamanan yang baik. Sistem keamanan yang nggak maksimal bakal memudahkan hacker untuk meretas dan merusak hingga mencuri data pribadimu. Berikut sejumlah aplikasi yang rentan disusupi hacker.

 

Risiko Keamanan yang Tinggi

Kerentanan pada sejumlah aplikasi Android ditemukan oleh perusahaan keamanan siber asal Israel Check Point. Dilansir dari Mirror, Senin (7/12/2020), diketahui sebagai CVE-2020-8913, hal tersebut membuat hacker bisa menyuntikkan kode berbahaya melalui aplikasi, memberikan akses ke data smartphone, termasuk password, pesan, dan foto.

 

Menurut Aviran Hazum, Manajer Riset Seluler Check Point, memperkirakan ada sekitar ratusan juta pengguna Android yang terpengaruh oleh risiko keamanan serupa. Meski Google telah mengambil langkah penanganan, “Kerentanan CVE-2020-8913 sangat berbahaya. Jika aplikasi jahat mengeksploitasi kerentanan ini, hacker bisa eksekusi kode di dalam aplikasi, lalu memperoleh akses yang sama dengan aplikasi yang rentan,” ujar Hazam.

 

Daftar Aplikasi yang Rentan di Hack

Aksi yang dilakukan hacker cukup berbahaya dan merugikan banyak orang. Salah satunya seperti mencuri kode otentikasi dua faktor atau memasukkan kode ke dalam aplikasi perbankan untuk mengambil kredensial. Nantinya, kode tersebut disuntikkan ke aplikasi yang rentan dan dipakai untuk mengintai korban atau penggunanya dan mengambil semua data. Berikut 11 aplikasi dengan risiko keamanan tinggi:

 

  1. Viber
  2. Booking
  3. Cisco Teams
  4. Yang Pro
  5. Moovit
  6. Grindr
  7. OKCupid
  8. Bumble
  9. Edge
  10. Xrecorder
  11. PowerDirector

 

Itulah sejumlah aplikasi dengan tingkat risiko keamanan tinggi. Sekarang, kamu harus lebih berhati-hati sebelum menginstall-nya di smartphone. Efeknya pun bisa merugikan pengguna. Cari tau informasi soal keamanan aplikasi dan gali pemahamanmu lewat program Cyber Security di IDS Digital College.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat