Waspada! Berikut 4 Bahaya Ancaman Cyber Security di Indonesia yang Wajib Kamu Tau - IDS Digital College

Waspada! Berikut 4 Bahaya Ancaman Cyber Security di Indonesia yang Wajib Kamu Tau

Informasi dalam bentuk apapun saat ini bisa dicari lewat internet tanpa adanya batas ruang dan waktu. Siapapun bebas mengaksesnya. Semakin luas dan sering berselancar di dunia internet, ancaman yang datang pun juga besar. Namun, banyak orang menyepelekan ancaman siber.

 

Padahal, data yang kamu miliki bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan, sampai ada yang menyebabkan kerugian dalam jumlah yang besar, khususnya bagi para pelaku bisnis yang mengandalkan digital. Ancaman siber rentan terjadi karena semakin banyak orang mengandalkan teknologi dan terhubung dengan internet. Berikut ada 4 bahaya ancaman siber yang terjadi di Indonesia agar kamu makin waspada.

1. Data dalam Cyber Security Bisa Diretas

 

Hefran Mendayun, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Sekdiskominfo) di Palembang mengungkapkan bahwa kasus kebocoran dan peretasan data dunia maya, biasanya sering ditunjukkan ke instansi, perusahaan dan perbankan. Histori sistem kerja pun bisa ditelusuri oleh oknum dengan tujuan tertentu. “Ada yang namanya hacker, apabila positif manfaatnya luar biasa untuk pengembangan. Kalau tujuan jelek dapat menjadi ancaman,” pungkasnya.

 

Ancaman siber bukanlah candaan. Terlebih, saat ini telah hadir sistem Internet of Things (IoT) yang mendorong peluang baru bagi bisnis dan industri. Penggunaan cloud juga akan semakin banyak jika perangkat saling terhubung. Namun, cara tersebut bisa memicu timbulnya risiko keamanan baru berupa denial of service attacks (DOS Attack) serta meningkatnya jumlah pelanggaran keamanan internet yang menyerang server, menurut Hefran.

2. Kebocoran Data Pribadi Bisa Ditelusuri Lewat Sosmed

 

Ancaman siber bisa menyerang siapa saja. Serangan bisa terjadi secara global melalui kebocoran data pribadi. Misalnya saja lewat akun-akun pengguna media sosial (medsos) seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Hefran menyampaikan, “Dalam skala besar beberapa tahun terakhir mengindikasikan bahwa serangan jenis ini mulai mengkhawatirkan,”. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti tidak sembarang dalam mengklik tautan aneh atau membuat kata sandi yang kuat.

 

 

3. Harus Memahami Cara Mengelola Keamanan

 

Bagi pengguna, ancaman siber yang datang sebenarnya bisa dihindari dengan memahami serta mempelajari cara mengelola keamanan data agar tidak mudah diretas. Dimulai dari hal sederhana seperti penggunaan password yang berpengaruh dengan tingkat keamanan. Selain itu juga mengetahui cara mengelola user aktif.

 

“Berikutnya deteksi dan penambahan bitcoin. Karena bentuk kejahatan siber yang relatif baru tetapi semakin banyak terjadi. Penyerang memasang perangkat lunak pada sistem Teknologi Informasi (TI) perusahaan dan membajak prosesor untuk menghasilkan uang,” ujar Hefran.

 

 

4. Penetrasi Pengguna Internet Capai Angka 51,8 Persen

 

 

Menurut data survei yang diambil dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai angka 132,7 juta atau 51,8%. Besarnya angka tersebut membuat keamanan siber harus disosialisasikan.

 

“Terakhir keamanan layanan club, pasalnya semakin mudahnya orang-orang mendapatkan akses terhadap video maupun tutorial untuk meretas, berpotensi melahirkan hacker-hacker baru. Tren peningkatan ini harus menjadi perhatian pada tahun 2019 dan tentunya harus disertai dengan peningkatan sistem keamanan yang mumpuni pula,” jelas Hefran.

 

Atas keprihatinan itulah, diskominfo dari setiap provinsi dan kota terus melaksanakan roadshow Cyber Security Startup yang diselenggarakan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), “Karena ini langkah awal untuk mengidentifikasi kerentanan dan penilaian risiko ekonomi digital,” ucapnya.

 

Jika dibiarkan, ancaman siber tentu bisa membahayakan. Kamu yang sering terhubung lewat internet dan peduli akan cyber security bisa belajar IDS Digital College, lho! Jurusan Teknik Informatika Program Cyber Security akan memberikanmu banyak pengetahuan terkait dunia siber. Tertarik mencobanya?

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat