Bukalapak Tawarkan Saham Perdananya Agustus 2021 Mendatang, Berapa Nilai Valuasinya? - IDS Digital College

Bukalapak Tawarkan Saham Perdananya Agustus 2021 Mendatang, Berapa Nilai Valuasinya?

Bukalapak Tawarkan Saham Perdananya Agustus 2021 Mendatang, Berapa Nilai Valuasinya?

Membekali diri dengan pengetahuan dan pengalaman sangat berguna jika kamu ingin berkecimpung di dunia startup. Sekarang, sudah ada institusi yang menawarkan program kuliah kelas karyawan di Jakarta yang membahas tentang perusahaan rintisan. Jadi, ilmunya bisa kamu pelajari sambil bekerja. Perkembangan startup saat ini terbilang besar, seperti contohnya Bukalapak yang kabarnya bakal menawarkan saham perdana IPO pada bulan Agustus 2021 mendatang. Seperti apa kelanjutannya, ya? Yuk, cari tau lebih banyak!

Bakal Memecahkan Rekor IPO Terbesar di Indonesia

Menurut dua sumber yang mengetahui informasi ini, Bukalapak kabarnya menargetkan dana segar sebesar 500 juta hingga 800 juta dollar AS. Jika di Rupiahkan sekitar 7,2-11,2 triliun dengan kurs (Rp 14.471), tergantung pada permintaan investor dan kondisi pasar saat IPO dilakukan. Jika nilai tadi terealisasi, maka IPO Bukalapak bisa memecahkan rekor sebagai yang terbesar di Indonesia dalam satu dekade (10 tahun) terakhir. Saat ini, rekor IPO terbesar di Indonesia sebelumnya dipegang oleh PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), dengan nilai Rp 12,23 triliun yang diraih pada 2008 lalu. 

Nilai Valuasi Perusahaan Hingga Ratusan Triliun

Perusahaan rintisan Bukalapak ini berpotensi memecahkan rekor IPO terbesar di Indonesia, yang dilakukan oleh sebuah startup. Setidaknya, rekor itu akan bertahan jika GoTo-perusahaan hasil merger Gojek dan Tokopedia melakukan IPO. Berdasarkan perkiraan Mirae Asset, valuasi perusahaan Gojek dan Tokopedia setelah merger dengan Tokopedia menjadi Rp170 triliun. 

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Siapa Saja Pemilik Saham GoTo!

Bila target dana yang dihimpun dalam IPO sebesar 10 persen saja dari valuasi keduanya, maka nilainya bisa mencapai Rp 17 triliun. 

Bukalapak Bakal Menjual Sebagian Persen Saham ke IPO

Seperti yang sudah diketahui, kabarnya GoTo akan melakukan dual listing di Jakarta dan Amerika Serikat. Namun, masih belum ada petunjuk kapan perusahaan tersebut akan melantai di bursa saham. Bukalapak tampaknya akan menjual 10-15 persen saham dalam IPO. Perusahaan e-commerce terbesar nomor empat se-Indonesia tersebut menargetkan valuasi sekitar 4-5 miliar dollar AS (sekitar Rp 57,8-72,2 triliun). 

Hanya Berfokus Pada IPO

Kabar terbaru menyatakan bahwa prospektus perusahaan telah diserahkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Namun, Bukalapak enggan mengomentari hal tersebut dikutip dari Kompas. Tapi, salah satu sumber mengatakan kepada Reuters, saat ini Bukalapak hanya fokus pada IPO-nya saja. Pada tahun 2019 lalu, Bukalapak dikabarkan memiliki nilai valuasi sebesar 2,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 36,2 triliun). Kini, perusahaan yang telah berusia 11 tahun tersebut punya lebih dari 100 juta pengguna. Beberapa investor yang jadi penyokongnya, antara lain Microsoft, GIC, Emtek, dan Naver Corp. 

Kira-kira kalau saham Bukalapak udah ada di BEI kamu tertarik buat investasi nggak? Prospek kerja di dunia startup saat ini terbuka lebar dan siapa saja bisa berkecimpung di dalamnya. Kamu juga bisa belajar hal banyak tentang startup dengan mengambil program kuliah kelas karyawan di Jakarta bersama IDS Digital College. Yuk, gabung dan jadi bagian dari IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat