Kenalan dengan EduDesper, Aplikasi Belajar Untuk Penyandang Disleksia - IDS Digital College

Kenalan dengan EduDesper, Aplikasi Belajar Untuk Penyandang Disleksia

Pelajar yang mengalami disleksia seringkali merasa tak nyaman selama proses belajar mengajar. Mereka mengalami kesulitan untuk merangkai huruf, kata, angka, arah, dan susunan-susunan lainnya. 

Kurang dari 1 juta anak di Indonesia mengalami disleksia. Melihat fakta ini, mahasiswa jurusan Teknik Informatika dari Universitas Dinamika Surabaya mencoba untuk membuat aplikasi belajar bagi penderita disleksia, ‘Edu Desper’. Aplikasi ini dibuat oleh Arif Prasetya Utomo, Tito Dwiki, R. Primananda, Nico Aprilio, Lucky Dharmawan, dan Bima Lestya. 

Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur untuk membantu penderita disleksia serta masyarakat umum untuk lebih memahami apa itu disleksia. 

“Karena penderita disleksia ini umumnya dialami anak-anak. Jadi dengan aplikasi ini mereka bisa segera ditangani. Jika tidak mereka (penderita disleksia) bisa menjadi pelupa. Seperti lupa tanggal, hari, hingga tidak bisa membedakan huruf yang sama, seperti B dan D,” ungkap Bima yang dikutip dari Kumparan. 

Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan beberapa fitur pendukung edukasi disleksia seperti video, pengetahuan tentang disleksia, konsultasi dengan dokter, game susun kata, serta kamera penerjemah tulisan. 

“Kami kasih fitur permainan supaya mereka bisa latihan belajar membaca, per huruf hingga per kata. Kalau untuk kamera penerjemah tulisan, fungsinya hampir sama dengan permainan, hanya saja dia bisa untuk kalimat, dan pemisah katanya kita beri warna berbeda-beda,” lanjut kata Bima.

Dengan terciptanya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu para penderita disleksia segera sembuh. Mereka pun bisa belajar lebih nyaman dengan memanfaatkan aplikasi EduDesper ini. 

Baca Juga : Facebook Bakal Bikin Aplikasi Mirip Clubhouse

Untuk kamu yang ingin menciptakan terobosan baru dalam bidang aplikasi layaknya teman-teman dari Universitas Dinamika Surabaya, ambil kuliah jurusan Sistem Informasi atau jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College. 

IDS Digital College juga menyediakan program Software Engineering, Cyber Security, dan Mobile Apps & Games Development. Selain itu IDS Digital Collage juga berkolaborasi dengan PSG School Of Technology, India – yang merupakan salah satu Universitas IT terbaik di Asia. Yang paling asyik, kuliah di IDS Digital College bisa sambil kerja lho!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat