Kenali Gerak Gerik Hacker yang Berpotensi Mencuri Akun Game Onlinemu! - IDS Digital College

Kenali Gerak Gerik Hacker yang Berpotensi Mencuri Akun Game Onlinemu!

Zaman digital seperti sekarang ini, membuat kita semakin akrab sama teknologi dan internet. Bahkan, ada juga yang suka mencari hiburan di kala penat atau mencari penghasilan dengan bermain game online. Ternyata, nggak sepenuhnya aman lho. 

Bahaya masih mengintai para pemain game, termasuk pencurian akun yang jadi musuh besar hingga saat ini. Hacker punya banyak akal bulus buat mencuri akun game online. Mereka bisa menguras item hingga menyalahgunakan akun para korban. Biar kamu nggak ikutan ketipu, simak tips mengenali dan cara mengatasinya, yuk!

Hati-Hati Sama Modus Tawaran Hadiah

Dari dulu, iming-iming soal penawaran hadiah jadi modus paling umum buat para penipu. Kamu bisa dijanjikan akan mendapat item langka atau fitur lain dalam game. Nantinya, bakal di arahkan ke situs palsu yang meminta untuk memasukkan ID password buat login. Hacker akan merekam data tersebut dan menggunakannya dan masuk ke akunmu. Jadi, penting banget untuk melakukan pengecekan soal kredibilitas situs yang kamu kunjungi. Terlebih, laman yang secara khusus meminta login akun game. 

Kenali Ciri-Ciri GM Palsu

Kalau dulu, pemain game online pasti ingat sama peran game master buat mengatur interaksi pemain. Tapi, sekarang ini udah nggak jaman lagi buat game master untuk nongol di game. Mereka memilih untuk memantau aktivitas pemain di belakang layar. Nah, kamu jangan gampang tertipu kalau ada yang mengaku sebagai game master sampai chat ke kalian juga. Umumnya mereka menggunakan username dengan gelar GM di depannya. 

Masuk Server Private Abal-Abal

Banyak banget pihak tidak bertanggung jawab yang membuat private server dari game tertentu. Kamu harus mikir dua kali kalau bikin ID di server seperti ini, ya. Soalnya, pihak pengembang bisa jadi orang jahat yang mengambil data sensitif, salah satunya seperti kombinasi username dan password-mu. Beda dengan server resmi yang memiliki ketentuan sendiri dalam hal melindungi data pengguna. Umumnya, private server nggak peduli akan hal tersebut. Malah, beberapa ada yang ketahuan sengaja menjual data akun pengguna buat disebarkan ke hacker lainnya. Wah, jad harus waspada banget nih!

Jangan Asal Pakai Cheat

Cheat adalah salah satu cara bagi pemain game yang ingin punya skill dan tampil lebih kuat secara instan. Padahal, cheat atau software ilegal punya resiko yang cukup berbahaya buat kamu. Software tersebut bisa saja merusak komputer dengan virus atau malware yang dapat mengumpulkan data pribadi pada perangkat. Kerugiannya pun dobel. Nggak cuma kehilangan akun game, tapi data digital kalian pun bisa dicolong. 

Ada yang Meminta Kode Trade

Pada platform Steam, kamu akan menjumpai fitur inventory yang membuat pemain dapat menukar koleksi dengan pemain lainnya. Jadi, hacker dapat dengan mudah mencuri item milikmu ketika mengakses sebuah situs atau fitur komunitas. Misalnya saja seperti mereka yang enggan mengganti tautan jendela trade dan seolah-olah kamu yang menukarkan item dengan mereka. Padahal, mereka sama sekali tidak menaruh item. 

Baca Juga : Trik Jitu Merancang Detection dan Response untuk Cegah Cyber Attack

Jika kamu tidak berhati-hati akan, maka bisa dengan mudahnya tertipu ketika melakukan trading di game online lainnya. Pastikan jaga akses akun pribadi biar pencuri tidak bisa masuk ke sistem keamanan dengan gampang. 

Beberapa hal tadi harus kamu waspadai ketika main game online. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan kombinasi password yang sulit diretas para hacker. Kejahatan siber semacam ini tentu mengkhawatirkan dan jika dibiarkan bisa merugikan korbannya. Maka itu, peran dari keamanan siber sangatlah penting. Kamu bisa mempelajari ilmu soal Cyber Security di International Design School Digital College. Tentukan pilihan karir impianmu dan mulai untuk mengambil program S1 di IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat