Tips Sederhana Membangun dan Mengembangkan Startup Digital - IDS Digital College

Tips Sederhana Membangun dan Mengembangkan Startup Digital

Tips Sederhana Membangun dan Mengembangkan Startup Digital

Siapa saja bisa memulai untuk membangun startup digital. Bahkan, banyak orang rela menguasai beberapa bidang atau mengambil program ekstensi D3 ke S1 agar bisa bertahan di dunia bisnis. Meski banyak orang berfokus pada cara membangun startup, namun yang sulit justru menjaga startup terus berkembang. Tantangan yang berbeda membuat penanganannya juga bervariasi sehingga tidak bisa menggunakan satu cara saja. Tapi kamu nggak perlu khawatir, sederet tips berikut bisa membantu. Yuk, cari tau!

Cara Membangun Startup Digital

Membangun startup tidaklah sulit. Meski begitu, bukan berarti dilakukan secara asal-asalan. Ketika kamu punya pondasi yang kuat, kemungkinan besar startup bisa bertahan lama. Berikut ada beberapa kiat yang bisa dilakukan, yaitu dengan: 

1. Temukan Ide Bisnis

Pastikan ide yang kamu miliki punya potensi untuk menyelesaikan masalah sosial. Ide ini bisa kamu temukan mulai dari lingkungan sekitar. Perhatikan apa yang menjadi penghambat dan cari solusinya. Visi bisnis semacam ini berpotensi membuat bisnis startup yang kamu bangun bisa bertahan lama. Sebab, orang-orang membutuhkan solusi terhadap masalah yang ada. 

2. Membuat Business Plan

Rencana bisnis adalah hal wajib karena menjadikan strategi pemasaran jadi lebih konkret. Tak terkecuali rencana jangka panjang dan target capaian. Business plan lebih dari sekedar rencana. Manfaatnya jauh lebih praktis karena dokumen yang kamu punya dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dana atau sokongan investasi. 

3. Cari Sumber Dana

Kamu tetap saja membutuhkan uang untuk diberikan kepada orang-orang yang bekerja di bawahmu. Tidak hanya itu, uang juga digunakan untuk membayar kebutuhan bulanan serta inovasi untuk mengembangkan bisnis. Umumnya terdapat enam sumber dana yang bisa kamu gunakan, mulai dari simpanan pribadi dan kredit, dana teman dan keluarga, pendanaan perusahaan, investasi personal, bank, serta crowdfunding. 

4. Bekerja dengan Orang-Orang yang Sepemikiran

Ketika membangun startup, dengan siapa kamu berdiskusi jadi hal yang penting untuk kedepannya. Orang-orang dengan visi serupa akan membantu kamu di proses awal ini. Namun, tidak harus semuanya setuju dengan apa yang kamu pikirkan. Maksudnya, orang-orang ini memiliki visi yang sama untuk membangun startup dan ikut berkontribusi bagi masyarakat. Pendekatan dan insight berbeda akan membantumu dalam memperbaiki startup. Jangan lupa juga untuk berdiskusi dengan pengacara, akuntan, dan penasihat finansial. Tiga elemen ini penting untuk menetapkan pondasi yang kuat ketika ingin membangun bisnis. 

Baca Juga : Pentingnya Inovasi dalam Membangun Startup di Negara Berkembang

5. Bangun Jaringan Secara Offline dan Online

Meski startup terkesan sangat ‘digital’, penting juga untuk membangun jaringan secara offline. Setidaknya, kamu memiliki kantor yang berisi fasilitas untuk mendukung kebutuhan kerja. Selain itu, membangun keberadaan online dengan memiliki website yang aktif di beberapa channel media sosial juga diperlukan. 

Kiat Mengembangkan Startup

Ketika bisnis berkembang, ada banyak to-do-list yang perlu dikerjakan. Terkadang, hal-hal teknis dan hal remeh temeh lainnya bisa menghambat pertumbuhan startup. Untuk mempermudah, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan: 

1. Jalin Hubungan dengan Pelanggan

Membagikan konten secara spesifik untuk segmen pelanggan tertentu dan memastikan semua elemen dalam bisnis membantu keseluruhan branding bisa membantu jalannya kegiatan marketing. Kamu bisa mulai memastikan beberapa faktor pendukungnya, seperti nama domain, website, serta konten marketing. 

2. Tingkatkan Performa Produk dan Layanan 

Meningkatkan performa merupakan cara sebuah startup bisa berkembang. Otomatisasi segala hal mulai dari cloud storage, marketing, trainer untuk karyawan, dan sebagainya. Fokus pada marketing, outsourcing semua pekerjaan yang tidak esensial, bangun tim dengan orang-orang yang tepat, dan pastikan pelangganmu selalu puas. 

3. Bangun Networking

Beberapa cara membangun networking yang tepat, yaitu dengan berjejaring dengan orang-orang yang berbeda. Miliki koneksi yang bisa diandalkan dalam membantu bisnismu dan diskusikan dengan mereka. 

Sejumlah kiat dalam membangun dan mempertahankan bisnis startup digital tadi bisa kamu terapkan. Kuasai bidang yang perlu dikuasai agar startup bisa berkembang jadi lebih baik. Yuk gabung di IDS Digital College untuk kenal lebih dalam soal bisnis startup! Kamu juga bisa ambil program ekstensi D3 ke S1, lho. Daftarkan diri kamu sekarang, ya!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat